Search This Blog

I was lost in Makkah, It Was Beyond Amazing!

Friday, September 11, 2015

WARNING: THIS POST IS TOO LONG TO READ xDD

Read the English version + more pictures >> Here



Sebenernya udah pernah cerita ni di blog sebelah, itu di link atas. Tapi gara-gara kemaren habis baca berita ada anggota rombongan yang ketinggalan terus ngilang, kesasar, aku jadi kepikiran buat nulis ulang pengalaman yang sama: ilang ketinggalan rombongan, di Makkah, yang biar aku bisa dikit-dikit bahasa inggris dan berani tanya cablak sana-sini, masalahnya MEREKA NGOMONGNYA ARAB GA BISA BAHASA INGGRIS!

To note: mintalah kartu nama hotelnya, atau nomer telfon siapa aja yg bisa dihubungi disana. Just in case. Ato buat kenang-kenangan/souvenir aja juga boleh.


"Alhamdulilah alhamdulilllah, kayaknya kesasar yah tapi ternyata enggak juga. Malah asik banget! Yg paling asik, jelas bagian dimana aku harus minjem gunting ke siapapun yg punya, yg kebetulan dapet minjem dari seorang mas-mas arab tinggi gede -yg maaf, agak nyeremin-, dan ketika ibu-ibu arab, yg bercadar dan berpakaian serba hitam, yang tiba-tiba menghampiriku untuk bantu guntingin rambutku untuk tahalul, dan kemudian harus tanya ke petugas-petugas di Masjidil Haram buat nanya jalan pulang, yg kebetulan lagi none of them speaks English! PRICELESS!!!"

Saya cuma ngerti empat bahasa: Basa Jawa, Bahasa Indonesia, English, Español. Dan waktu itu belum punya satupun temen atau kenalan arab buat bantu translate lol.
Oke, semua sebenernya dimulai pas kita mau umrah pertama. Lebih tepatnya umrah pertama saya. Waktu itu berangkat dari Madinah pagi dan sampai di Makkah udah sore ba’da ashar. Sebelumnya kita udah miqat (niat umrah) di bir ali, jadi sebenernya begitu sampe Makkah langsung lanjut ke Masjidil Haram buat tawaf sampai tahalul. Tapi karena mepet maghrib, jadi tawaf dimulai setelah sholat isya, sekitar jam 9 malam. Tak lupa sebelum check in, kita dikasih kartu nama hotel beserta peta hotel. Karena kita ga dapet sms blast seperti yg di aussie, yg menginfokan alamat KBRI.

Hotel kita letaknya agak tinggi, naik di bukit, dan rada nyempil. Maklum umrah regular, bukan yg plus yg nginepnya di hotel zamzam tower itu yg depan persis sama Masjidil Haram. Jadi waktu itu kita jalan kaki ke Masjidil Haram lumayan jauh dan cukup ngikutin leader. Saya liat bapak-bapak disebelah, satu rombongan juga sama saya, dia ngamatin sekeliling sambil komat-kamit. Oh, dia lagi ngapalin nama-nama hotel disekeliling area, sambil ngapalin jalan dan ancer-ancer kayaknya. Pinter, saya juga ikutan ngapalin biar aslinya susah hapal semua jalan dan hotel dalam satu waktu. Yang saya apal ga banyak, Cuma ancer-ancer jalan masuk sebelah Tower jam raksasa *yg waktu itu saya blm tau kalo itu namanya zamzam tower*, sama ada toilet wanita. Dan arena sunnah untuk masuk masjid lewat pintu utama, jadi kita mau masuk masjid jalan muter dulu lumayan jauh *udah mulai lupa jalan* padahal ada banyak pintu masuk disekeliling masjid yg kita lewatin, dengan nomer pintu masing-masing.

Kartu nama hotel kita di Makkah

Langsung ke bagian ngilangnya. Jadi waktu itu pas Sai, waktu jalan ngelilingi Safa Marwa 7 kali. Ada di sunnah untu laki-laki dianjurkan lari kecil-kecil. Sedang saya berjalan bersama ibu saya 57tahun, dan seorang nenek berusia 75tahun. Dan jujur, ketua rombongan kami, jalannya kenceng banget, berdoa nya di tiap berhenti di Safa/Marwa juga cepet banget. Lebih seru lagi, saat itu adalah bulan ramadhan jadi jamaahnya MBLUDAK! Alias banyak banget, penuh! Dan tau sendiri lah kalo baju ihram laki-laki tu sama semua, ga ada tanda rombongan kita. Alhasil… kita terpisah, ketinggalan, jelas saya lebih milih nyesuain speed nya si nenek yg kebetulan lebih milih jalan kaki daripada naik kursi roda, karena saya ngerasa bertanggungjawab buat jaga dia sebagai satu rombongan, dan enggak nyesuaiin speed nya bapak ketua rombongan.

Begini kurang lebih padatnya Sa'i, Alhamdulillah kemaren sempet rekam sebentar. Bayangin badan kecil saya nyempil diantara orang-orang gede-gede ini, bersama ibu yg badannya jauh lebih kecil drpd saya dan si nenek yang lebih lebih mungil lagi.



Saya sih santai aja, santai banget biar itu baru pertama umrah. Dipikiran saya mulanya “toh banyak petugas yang jaga, kalo ga ngerti jalan pulang tinggal Tanya orang kita juga bawa ID dan alamat hotel”. Tapi ternyata ibu ga sesantai saya. Ibu panic, padahal ibu dulu juga pernah kesini, tapi ibu bilang semuanya udah berubah jadi dia juga ga ngerti mana-mana dan panic gimana nanti pulangnya.
Yang aku lakuin pertama jelas berdoa. Mohon sama Allah biar ketemu rombongan hehe.. yg kedua, jelas mata jelalatan sana-sini buat usaha nyari rombongan, di tengah kerumunan super padat yang semua orang bajunya sama!

Alhamdulilah nemu dua ibu-ibu, dari travel agent yang sama Cuma kloter keberangkatannya beda. Hotel kita juga sama. Dan kita juga sama-sama kesasar! Gapapa, alhamdulilah nambah temen. Percaya aja sama Allah pasti dibantu.

Jadi sai sebenernya muterin 7 kali, tapi karena kita nyari rombongan, jadi kita muterin 9kali. Setelah sai harusnya kita tahalul (potong rambut) di Marwa. Tapi aku ga bisa bedain mana Safa mana Marwa. Ibu pernah, tapi terlalu panic sendiri jadi ga focus. Akhirnya ngacir aja aku sendirian cari petugas *disana semua petugas cowok sih, ga ada ceweknya huh* buat Tanya dimana Tahalul.
Aku pikir tahalul itu bahasa universal di arab, ternyata enggak! Aku tanya “where’s tahalul place? You know, for cutting hair after sai?” dan….. Petuganya ga mudeng *emoji cries* !!! Petugasnya ga ngerti bahasa inggris. Ya udah lah aku pake body language potong rambut sambil bilang “tahalul” sambil nunjuk-nunjuk safa marwa. Dan akhirnya dia ngerti, tahalulnya di Marwa. Dan kita ada di Safa. Okeee nambah satu puteran lagi...

Dan itu belom selesai. Ada masalah lain lagi: mau tahalul (potong rambut) kita ga ada gunting! Haduh!

Aku terus kesana kemari, liat ada rombongan orang timur tengah juga lagi tahalul, aku tungguin mereka sampe selese. Aku nungguin mau minjem gunting mereka. Pas mereka selese kok ndilalah yg terakhir pake bapak-bapak *ato mas-mas* badannya tinggi banget, GEDE, aku (165cm) ndangak pol mau ngomong ma dia. Serem sih, nekat aja. Aku pertama bilang pake bhs inggris tapi kayaknya dia ga mudeng. Akhirnya *again* pake body language, dan dia paham. Dan dia minjemin guntingnya ke aku *YEAAAY* *emoji happy*

Dan masalah selanjutnya: siapa yg mau ngguntingin rambutku? Kan ga boleh gunting sendiri.
All of sudden, ada segerombolan ibu-ibu dari timur tengah juga, dengan pakaian mereka serba hitam bercadar, tiba-tiba minjem gunting yang ku pinjem tadi hahahah dia guntingin rambut temen-temennya, terus dia gunting rambutku xDDD habis itu aku gentian guntingin rambut ibu, si nenek dan ibu-ibu lainnya.

Jadi buat cowok cewek semua tahalul disitu, Cuma kita cewek ya Cuma ngeluarin ujung rambut dikit *aku sebelumnya blas ga ngerti gimana caranya tahalul tapi terus liat ibu-ibu dari timur tengah tadi jadi ngerti* terus digunting dikit. Diguntingnya di tong biru gede yang disediain khusus untuk sampah rambut.

Setelah selese gunting-menggunting aku balikin guntingnya tadi ke mas arab itu yg alhamdulilah masih disitu dia, belom pulang. Aku cuma bilang thanks-syukron. Hehe alhamdulilah, selesai to umrah nya? :D

Percaya deh pasti dimudahan Allah xDD

Tapi masih ada satu masalah lagi: gimana cari jalan pulang, kita ga ada satupun yg inget jalan pulang dari tempat Sai…

Kita ada kartu nama hotel. Kita inget jalan masuk patokan WC cewek nomer 1. Terus kita cari petugas, dan again, aku Cuma bisa nanya pake bhs inggris. Aku nanya ke lima atau lebih petugas, awalnya mereka kurang paham sampai ada bapak-bapak yg bantu translate dari inggris ke bahasa arab. Dimana WC wanita nomer 1 aja ada petugas-petugas yg ga ngerti *mungkin cuma ga paham pertanyaanku*

WC Wanita nomer 1
Tower jam gede warna ijo hehe (Zamzam Tower)

Setelah keliling-keliling, dimulai dari jam 9 malam sampai jam 1 tengah malam kita muter-muter, akhirnya kita nemu WC cewek nomer 1 tepat di samping tower jam gede warna ijo *horeee* xD Untuk mastiin jalan, aku lari kenceng ke arah bukit nanjak buat mastiin bener itu jalan ke hotel atau bukan. Soalnya kita jalan sama nenek-nenek, kasian kalo udah jalan capek-capek naik ternyata salah jalan.

Tapi alhamdulilah jalannya bener xD dan kita bisa sampai hotel. Disana ketua rombongan kita sedang dalam kondisi super panic *hahahahah xDDD* dan roommate kita yg sampe nangis krn kita bertiga (aku, ibuk, si nenek) ilang, takutnya kenapa-napa… hehe

Alhamdulilah alhamdulilllah, kayaknya kesasar yah tapi ternyata enggak juga. Malah asik banget! Yg paling asik, jelas bagian dimana aku harus minjem gunting ke siapapun yg punya, yg kebetulan dapet minjem dari seorang mas-mas arab tinggi gede -yg maaf, agak nyeremin-, yang tiba-tiba menghampiriku untuk bantu guntingin rambutku untuk tahalul, dan kemudian harus tanya ke petugas-petugas di Masjidil Haram buat nanya jalan pulang, yg kebetulan lagi none of them speaks English! PRICELESS!!!

Kalo ga ngilang dari rombongan, ga akan aku dapet pengalaman itu, karena pasti semua dilakukan Cuma sama orang-orang rombongan. Dan kalo ga kepepet gitu, ga akan aku dapet pengalaman ngobrol sama orang-orang asing biar cuma dikit-dikit :)


Daaan itulah yg bikin perjalanan umrah kemaren nyenengin banget! Semoga besok bisa balik lagi ke Makkah-Madinah, udah kangeeen dan rasanya bahagia banget disana, biar puasanya lebih lama 2 jam drpd yg biasanya di Indonesia, biar juga panasnya sampe 40o Celsius lebih, tapi Masyaallah, best experience! xD

No comments:

Post a Comment

 

Follow me!